RECENT POST

Monday, January 10, 2011

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrFhy4CfYkBVdglCixmXQO-AhDtLp71o5tsJZE8fhN6myQxnXuLJecPfKRxHgRHXXWZVRtpgjJfix3aQeBhynQXN8tvG8lRDCCkRdHvZEgXNo193neeS7BGABa-8AaxkMt0KmZacV2AcU/s400/aneh.jpg

Spoiler for pertama:


Spoiler for spoiler:


Quote:
Pertama, pesawat akan mengeluarkan yang namanya spoiler.
Gunanya untuk mengurangi gaya angkat sehingga pesawat akan lebih cepat turun. Tapi untuk penerbangan normal, spoiler nggak dibuka full. Hanya dibuka-tutup sesekali saja sebelum fase pendaratan. Gambar diatas adalah saat dimana spoiler digunakan untuk pengereman setelah pesawat menyentuh tanah. Penjelasan lebih lanjut ada dibawah



Spoiler for kedua:

Spoiler for flap:


Spoiler for flap:
Quote:
Selanjutnya flap diturunkan. Flap adalah penampang bagian belakang pesawat yang fungsinya adalah menaikkan gaya angkat dan mengurangi kecepatan.


Spoiler for macam2 flap:

Spoiler for flaps:

Quote:
Plain flap adalah jenis flap yang paling sederhana. Biasanya terdapat pada pesawat kecil.
Split flap juga salah satu jenis flap sederhana dan terdapat pada pesawat kecil dan sedang. Contohnya ada pada pesawat Dacota DC-3.
Spoiler for DC3:

Fowler Flap adalah jenis flap yang paling banyak digunakan pada pesawat komersil karena kemampuannya meningkatkan gaya angkat yang tinggi.
Slotted flap adlah flap yang akan membuat sebuah slot saat digunakan. slot ini berguna untuk mendorong aliran udara turbulen menjadi streamline.



Spoiler for ketiga:

Spoiler for ban:


Quote:
Begitu akan mendekati landasan, maka landing gear diturunkan. Apa fungsinya?? Ya buat alas pesawat itu mendarat laah gan ...


Jadinya akan seperti ini:
Spoiler for buka:

Spoiler for ini:

Spoiler for atau:



Spoiler for penjelasan:
Quote:
Dari gambar diatas, sudah jelas bahwa dengan menggunakan flap maka kecepatan pesawat akan berkurang tanpa kehilangan gaya angkatnya. landing gear yang diturunkan berkontribusi menambah drag yang akan memperlambat laju pesawat.



Spoiler for keempat:

Selanjutnya mulailah pesawat landing.

Spoiler for landing:

Spoiler for landing:


Spoiler for landing:
Quote:
Di titik ini, disaat ban pesawat menyentuh ground. secara otomatis, spoiler terbuka full keatas.
Spoiler for spoiler terbuka full:


Quote:
spoiler yang terbuka keatas ini akan membantu pengereman pesawat dengan cara menghalangi aliran udara. Begitu pula dengan flap.



Spoiler for kelima:

Spoiler for buka:
Quote:
Bila agan perhatikan pada beberapa saat setelah ban pesawat menyentuh tanah, maka bagian tengah engine (mesin pesawat) ada bagian yang terbuka.
Spoiler for seperti ini:



Spoiler for atau:
Quote:
Atau di jenis pesawat lainnya ada yang membentuk payung seperti ini:
Spoiler for payung:


Spoiler for penjelasan:
Quote:
Nah bagian tersebut dinamakan THRUST REVERSER. Yakni sebuah alat yang fungsinya adalah membelokkan arah udara yang ditembakkan engine menjadi kearah depan.
Spoiler for macam2 thrust reverser:

Quote:
CLAMSHELL. Biasanya digunakan pada pesawat jenis Boeing dan Airbus.

Gambar dua, reverser yang menggunakan actuator biasanya ada pada tipe pesawat MD-82.

Gambar ketiga ada jenis reverser yang menggunakan semacam actuator berbentuk ulir.


Spoiler for intinya:
Quote:
Intinya adalah, aliran udara yang dihasilkan engine dibelokkan sedemikian rupa agar arahnya menjadi kedepan. Memang tidak murni 100% berbalik arah, tapi setidaknya resultan gaya yang dihasilkan sudah efektif untuk pengereman.


Spoiler for satu lagi:

Quote:
Oiya, ada yang kelupaan. untung aja ada salah satu agan yang ngingetin. Ada satu sistem pengereman lagi yang namanya adalah AUTOBRAKE. Alat ini adalah sistem yang dipasang pada ban pesawat, ini jenis pengereman yang umum digunakan di hampir semua alat transportasi yang mempunyai roda karena menggunakan sejenis kampas rem. Lebih lanjut tentang autobrake ada di berkas MbahWiki
Spoiler for tambahan dari agan-agan:

Quote:
Originally Posted by yamavega View Post
gan mav y ane mau share aja, yg ente sebut autobrake tuh namanya antiskid, yah intinya klo putaran wheel melebihi skid, maka antiskid mengirim sensor ke brake bwt ngebrake secara otomatis tanpa menginjak brake pedal.



Spoiler for pertanyaan dari agan2:


Spoiler for pertama:

Spoiler for pertama:

Quote:
Originally Posted by mement View Post
gan
ane mo tanya ne,

kalo system pengereman pada pesawat tempur
khususnya f-16 yang ada di Kapal induk Gan,

ntu landasan pan pendek banget,
turs kecepatan pesawat super duper jet

klo yang sering ane liat di tipi sih gan pas roda mendarat, itu ada yang tali yang nyangkutin,

coba jelasin gan itu paan,
makasih penjelasannya


Spoiler for jawaban:

Quote:
untuk sistem pengereman pada pesawat tempur yang ada di kapal induk, F-16 misalnya, selain menggunakan peralatan yang diatas tadi, ada satu sistem tambahan lagi untuk menunjang panjang landasan yang sangat pendek dan speed yang tinggi
Spoiler for pesawat tempur:

F-18 Super Hornet


Quote:
Kalo agan perhatiin untuk pesawat tempur yang mendarat di kapal induk, sesaat sebelum ban menyentuh landasan ada sebuah tali yang dilemparkan ke suatu pengait di kapal induk. Fungsinya untuk memberhentikan pesawat itu SEKETIKA.

Sistem ini HANYA ada pada pesawat tempur karena konstruksinya kuat. Bila pesawat komersil menggunakan sistem ini, maka kemungkinan terburuknya adalah konstruksi pesawat bisa hancur berkeping-keping karena gaya momen yang tinggi


daftar pertanyaan agan-agan selanjutnya ane jawab di DISINI



Spoiler for tambah lagi:


Spoiler for pesawat ulang-alik:

Quote:
Agan tahu pesawat ulang-alik??
Spoiler for ini lo:


Spoiler for buka:
Quote:
Pesawat antariksa ini sistem pengeremannya ada caranya sendiri yang cukup sederhana. Yak, agan pasti tahu kalo saat mendarat, pesawat ulang-alik mengeluarkan PARASUT
Spoiler for parasut:

Maksudnya bukan yang ini gan

Spoiler for parasut:

Spoiler for parasut:

Spoiler for parasut:



Spoiler for penjelasan:
Quote:
Cara ini termasuk cara pengereman yang sederhana, parasut akan menahan sejumlah udara, dan memperlambat laju pesawat. Memang sederhana tapi ada satu yang perlu diperhatikan:
Spoiler for perhatian:
Quote:
Pada saat parasut membentang sempurna, maka akan ada shock yang sangat kuat (bisa dibayangin kan?). Karena itulah pesawat komersil ga ada yang make parasut sebagai alat pengereman karena bisa membahayakan struktur dari konstruksinya. Kecuali ada pada beberapa pesawat capung, itu pun untuk pendaratan darurat.



Spoiler for happy landing:







Bonus
Spoiler for Maskapai Ternama Indonesia:

Spoiler for Sriwijaya:

Spoiler for Batavia:

Spoiler for Lion:

Spoiler for Garuda:
© haxims.blogspot.com

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online