RECENT POST

Friday, January 14, 2011

Melepaskan penat sejenak dari rutinitas sehari-hari merupakan obat penghilang stres paling mujarab. Liburan pun seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tapi segala sesuatu bisa saja terjadi tanpa kita duga, yang justru bisa mengubah liburan jadi bencana, terutama saat kita traveling ke luar negeri.
http://1.bp.blogspot.com/_4MQgI0HH6CQ/TQljLP_6TnI/AAAAAAAAAUI/Jt5hKIeKfGU/s1600/travel.jpg
Berikut ini beberapa situasi tidak menyenangkan yang umum terjadi saat berlibur dan cara mengatasinya, seperti dilansir Askmen.© haxims.blogspot.com

- Kehilangan Paspor

Anda sedang asyik menikmati keindahan pantai di Whitehaven, Australia, tiba-tiba Anda menyadari kalau paspor Anda tidak ada di hotel, koper maupun tas.

Sebelum terjadi: Di beberapa negara, wisatawan mancanegara diwajibkan membawa paspor kemanapun dia pergi. Namun ada sebagian negara yang membolehkan Anda hanya membawa kartu tanda pengenal. Jika negara tersebut tidak mengharuskan Anda selalu membawa paspor, tinggalkan saja di hotel atau tempat penginapan. Tapi untuk berjaga-jaga, sebaiknya siapkan fotokopi-annya dan bawa selalu di dalam tas.

Setelah terjadi: Segera datangi kantor kedutaan atau konsulat terdekat. Anda mungkin akan dikenai biaya penggantian paspor, dan biasanya paspor baru akan selesai dalam waktu paling cepat 48 jam.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhE6_QoEhBO22DMl6BwjsE6nK4bp8prmGLvTZms6xDBrcw233zVnSY_MzDzoR5DFcQ-QyVcUNb3_KBL8YTFAMUsH5ZaEldENoFDeMxwIe33tzVU5y-F-fge7BX1voTA5Ov2eOjfy1WvDg4/s400/travelling+beauty+tips.jpg
- Jadi Korban Perampokan

Tindak kriminal bisa terjadi di mana dan kapan saja, termasuk di tempat liburan Anda.

Sebelum terjadi: Anda tidak bisa menghentikan tindakan kriminal, tapi Anda bisa mencegahnya. Selalu waspada di manapun Anda berada. Jangan terlihat terlalu mencolok dengan perhiasan berlebihan, menggunakan gadget atau mengluarkan uang dari dompet di sembarang tempat. Sebaiknya tidak menaruh semua uang, kartu atm atau kartu kredit di satu tempat.© haxims.blogspot.com

Setelah terjadi: Jika Anda jadi korban perampokan, segera laporkan kepada petugas keamanan setempat. Blokir semua kartu kredit dan lihat kemungkinan apakah bisa diganti sesegera mungkin.

- Tersesat dan Tidak Mengerti Bahasa Lokal

Tersesat saat berlibur di negeri orang itu wajar, tapi jika tersesat terlalu jauh dan tidak tahu jalan pulang, bisa jadi bencana.

Sebelum terjadi: ingat dengan baik nama hotel atau tempat Anda menginap. Bawa selalu brosur atau pamflet hotel, agar Anda bisa menunjukkannya pada penduduk lokal jika tersesat. Sediakan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar hotel dan tempat apa saja yang ada di dekatnya. Usahakan selalu membawa buku panduan dan pelajari sedikit bahasa umum, seperti 'selamat (pagi, siang, sore)', 'permisi', 'maaf' atau 'terima kasih'.

Setelah terjadi: pertama, jangan panik. Warga setempat biasanya akan sukarela membantu turis yang tersesat, tapi jika Anda terlalu panik, mereka akan enggan membantu Anda. Kedua, cari polisi atau kantor keamanan setempat, atau Anda bisa cari kantor pelayanan publik. Alternatif lain, cari hotel-hotel besar yang biasanya punya staf yang bisa berbahasa Inggris dan bisa membantu mencarikan taksi untuk mengantar ke tempat Anda menginap.© haxims.blogspot.com

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online