RECENT POST

Thursday, April 28, 2011



Tidur bukan semata-mata mendaratkan tubuh ke kasur. Posisi tubuh saat beristirahat juga perlu mendapat perhatian. Jangan sampai menuai masalah gara-gara posisi tidur yang salah.

Sakit leher, masalah perut, bahkan keriput dini bisa muncul akibat posisi tidur yang salah. Karenanya, temukan posisi tidur terbaik untuk tubuh Anda, seperti dikutip dari laman Shine:

Telentang
Selain menghindari sakit di area leher dan punggung, posisi ini juga dapat meredam masalah di perut. Gunakan bantal dengan ketebalan sedang untuk menyangga kepala agar kerongkongan lebih tinggi dari posisi perut. Ini efektif mencegah asam lambung.

Tak adanya gesekan tubuh bagian depan ke bantal atau kasur juga membantu mencegah keriput di wajah dan payudara. Namun, posisi ini tidak baik untuk mereka yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Tidur dengan punggung menempel sempurna di kasur memudahkan kepala, leher, dan tulang belakang untuk mempertahankan posisi netral. Posisi ini menjaga bentuk tulang punggung agar tak melengkung.

Miring
Posisi ini juga efektif menghindari sakit leher dan punggung, mencegah produksi asam lambung, sekaligus meredam dengkuran. Posisi ini juga sangat baik untuk wanita yang tengah mengandung karena akan memperlancar aliran darah.

Namun, posisi ini tidak bersahabat bagi elastisitas kulit wajah dan payudara. “Gesekan salah satu sisi wajah ke bantal bisa memicu keriput, juga tekanan payudara yang tak seimbang mengganggu elastisitasnya,” kata Dee Anna Glaser, MD, seorang profesor dermatologi di Saint Louis University.

“Gunakan bantal yang bisa mengisi celah antara pundak dan kepala sehingga kepala dan leher bisa tersangga pada posisi yang netral,” Ken Shannon, seorang terapis fisik dari Bringham and Woman’s Hospital, Boston, menambahkan.

Setengah Duduk
Posisi ini sangat baik untuk wanita hamil dan mereka yang memiliki gangguan mendengkur parah. Posisi ini akan memperlancar saluran pernapasan.

Meski bukan posisi tidur yang disarankan, tidur dengan ganjalan bantal hinggung punggung juga menghindari sakit leher dan punggung, mencegah keriput, dan menjaga elastisitas payudara.

“Posisi ini melengkung sehingga membatasi pernapasan diafragma,” kata Dody Chang, seorang ahli akupunktur berlisensi dari Center for Integrative Medicine di Greenwich Hospital, Connecticut.

Tengkurap
Ini dikata sebagai posisi tidur paling buruk. “Tidur dengan perut menempel di kasur membuat tulang belakang sulit mempertahankan posisi netral,” kata Shannon.

Posisi tersebut juga akan memicu sakit leher karena kepala otomatis akan menghadap ke salah satu sisi dalam waktu cukup lama. “Tapi posisi ini sangat baik untuk mereka yang punya masalah mendengkur parah,” kata Eric Olson, MD, direktur Mayo Clinic Center yang fokus menangani masalah tidur, di Rochester, Minnesota.

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online