RECENT POST

Monday, May 31, 2010

www.haxims.blogspot.com

GLASGOW, KOMPAS.com — Tindakan pembedahan atau operasi kerap menimbulkan risiko bagi pasien. Kelalaian para ahli bedah dalam menjalankan tugasnya bisa mengancam pasien kapan saja, seperti yang dilaporkan Dewan Kesehatan di Skotlandia belum lama ini.

NHS Greater Glasgow and Clyde seperti dilansir AP, Senin (31/5/2010), menyebutkan, para dokter dan perawat kerap tidak sadar telah meninggalkan beragam jenis benda dan alat kesehatan dalam tubuh pasien setelah operasi.

Benda-benda seperti gunting, jarum suntik, kain, atau pecahan tulang akibat bor kerap ditemukan di dalam tubuh pasien pasca-operasi. Dan yang lebih mengerikan, beberapa pasien ini juga secara tidak sengaja tertusuk organnya saat menjalani pembedahan.

Menurut data NHS Greater Glasgow and Clyde, ada sekitar 12 barang yang ditemukan tertanam pada tubuh pasien pasca-operasi sejak Januari 2008. Enam pasien di antaranya kedapatan tubuhnya masih menyimpan kain atau lap yang ditinggalkan dokter atau perawat.

Akibat kelalaian itu, tidak ada pasien yang dilaporkan meninggal. Namun, tiga pasien di antaranya mengalami sakit.

Dewan itu menyatakan, sistem dan prosedur ketat yang selama ini ditegakkan terbukti tidak selalu berjalan sebagaimana mestinya. Tindakan kelalaian itu dilaporkan terjadi di sejumlah rumah sakit, seperti Glasgow Royal Infirmary, Southern General Hospital, Stobhill Hospital, Victoria Infirmary, dan Royal Hospital for Sick Children.

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online