RECENT POST

Thursday, February 24, 2011

Segarnya Es Goyang

VIVAnews - Masih ingat es lilin atau es goyang yang biasa Anda santap di masa kecil? Gurih dan segarnya es goyang memang tak terlupakan. Apalagi saat ini es khas Sunda itu sudah jarang ditemui di Jakarta.
http://a7.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/45191_460200646562_65139716562_6328449_762435_n.jpg
Tapi, kini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahannya pun mudah di dapat. Untuk membuatnya Anda bisa meniru resep buatan Pak Ading yang biasa mangkal di kawasan Gunung Sahari dan Sentra Kuliner Indonesia " Kemiri", Pejaten village, Jakarta Selatan.© haxims.blogspot.com

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain, santan kelapa, gula pasir, dan aroma rasa yang bisa Anda dapatkan dari bahan alami seperti buah segar mulai dari Stroberi, avokad, durian, nangka, cokelat, hingga kacang hijau. Bisa juga menggunakan aroma rasa buatan dari bahan sirup atau essens.

Cara membuatnya tidak sulit. Semua bahan dijadikan satu, dicampur rata dan dimasak sampai mendidih. Setelah selesai, siapkan cetakan berbentuk persegi panjang dan boks berisi pecahan es batu. Tuangkan adonan ke dalam cetakan satu persatu dan masukkan cetakan ke dalam boks berisi pecahan es batu.

Seperti namanya, jika ingin lekas beku, goyang-goyangkan selama kurang lebih 5 menit. Lalu, tancapkan tusukan sate atau stik es krim.

Santapan dingin khas Sunda ini siap dicicipi bersama anak-anak atau cocok juga disajikan untuk pesta Anda di rumah. Namun, jika enggan dan malas membuatnya sendiri, es goyang ini bisa Anda temukan di Sentra Kuliner Indonesai “Kemiri” di Pejaten Viilage Jakarta Selatan.

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online