RECENT POST

Sunday, February 13, 2011

Membahas Seputar Kecoa

Jijik, serem, takut, geli, dan bahkan phobia akan Kecoak ??? , hamper rata2 dari kita semua ngerasain hal itu ( untung TS engga bgitu , kalo ma cicak yoi pasti..!! ). Tapi sebetulnya banyak hal – hal yang menarik dari kecoak, mungkin sudah banyak dibahas dan mungkin ga akan ngubah pola agan dr takut jadi berani apalagi dari phobia sampe sembuh setidaknya ulasan ane mengenai tret ini semoga bisa menambah wawasan agan – agan mengenai kecoak ( ane nyebutnya : “binatang mengejar kematian” , abis setiap kita usir n deketin dia bukannya lari malah ngejar kearah kita ).



Kecoak / Coro masuk kedalem keluarga serangga dr ordo blattodea dan terdapat lebih dari 4500 spesies yang terbagi menjadi 6 famili. Kecoak terdapat di seluruh dunia kecuali daerah kutub. Kecoak udah hidup sangat lama di bumi , kira2 udah 300 juta tahun silam tanpa banyak berevolusi. Mungkin, kecoak emang ditakdirkan buat bertahan hidup ditambah lagi hewan ini dalam sebulan bisa menghasilkan kecoak junior lebih dari 40 ekor. Kecoak juga termasuk hewan omnivora, mereka dapat makan apa saja kayak; lem, sisa makanan dapur, organisme mati (termasuk mayat manusia), bir, bahkan sesama kecoak, dan juga feses.

Kecoak bisa idup di musim apapun, selain itu, kecoak bahkan lebih resisten terhadap radiasi dibandingkan dgn makhluk lain. Fakta mengejutkan tentang resistensi kecoak ialah pas bom atom dijatuhkan di jepang pada perang dunia 2 ,kecoak termasuk spesies yg selamat! Ini karena pembelahan sel di tubuh kecoak lebih lambat dari tubuh manusia yg menyebabkan dia lebih tahan dari radiasi.Kehebatan kecoak yg lain ialah dia msh bisa idup selama beberapa waktu walau kepalanya udah ga ada! Ini karena kecoak ga perlu otak sebagai alat gerak tubuhnya, kecoak juga gk butuh kepala buat bernapas, dan kehilangan kepala juga ga membuat dia kehabisan darah ( walau akhirnya nanti mati juga ).

Spesies yang terkenal ialah Kecoak Amerika ( blatella Americana ) yang memiliki panjang rata – rata 3 cm, kecoak jerman (blatella germanica) dan kecoak asia ( blatella asahinai ). Dan ada pula spesies asal Madagaskar yang terkadang malah dijadikan hewan peliharaan .. (ampun2 dah).

Spoiler for Kecoak Terkenal:

Spoiler for Blatella Americana:

Spoiler for Blatella Americana:

Spoiler for Blatella Germanica:

Spoiler for Blatella Germanica:

Spoiler for Blatella Asahinai:

Spoiler for Blatella Asahinai:

Spoiler for Madagascar:

Spoiler for Madagascar:

Spoiler for Perbandingan Jenis:

Spoiler for Perbandingan Jenis:



Sebetulnya banyak manfaat dari jenis serangga ini yang ada bahkan diluar nalar kita, mungkin itu menjelaskan kenapa mereka sanggup sampai saat ini bertahan dan berevolusi secara perlahan dengan sempurna di bumi.

Quote:
# Kecoa dapat digunakan sebagai bahan tes ketepatan dosis obat anti serangga

# Adanya 9 molekul berbeda dalam jaringan mereka yang toksik terhadap bakteri multi-drug resistant (resisten terhadap banyak antibiotic) penyebab infeksi mematikan. Hal itu dikemukakan oleh para peneliti dari Universitas Nottingham. Jaringan otak dan system saraf pada kecoak mampu membunuh lebih dari 90% bakteri multi-drug resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan bakteri E.coli tanpa melukai sel-sel manusia. Simon Lee, seorang peneliti post-graduate mempresentasikan hasil kerjanya dan menyatakan bahwa molekul-molekul yang berasal dari kecoak tersebut dapat dikembangkan untuk digunakan dalam penanganan infeksi yang disebabkan oleh E.coli dan MRSA yang sudah resisten oleh antibiotik-antibiotik terkini
© haxims.blogspot.com
# Kecoak jg digunakan sebagai pendeteksi bom, hal ini dimungkinkan karena kecoak mempunyai tingkat memori atau ingatan yang tinggi bahkan lebih dari seekor anjing

# Dijadikan model teknik jantung buatan oleh para ilmuwan India. Prototype yang dihasilkan jauh lebih murah dan bisa diandalkan dari cangkok jantung saat ini

Quote:
“Para ilmuwan di india yg sedang mengembangkan teknologi jantung buatan menggunakan jantung kecoak sebagai model, sebuah prototype yg dihasilkan mampu memberikan sebuah jantung buatan yang lebih murah dan lebih bisa diandalkan untuk dicangkok dibanding dengan jantung buatan yang sekarang ada. Kunci utama jantung buatan tersebut berkaitan dengan sistem pernafasan kecoak yang sangat unik. Kecoak memiliki 13 bilik pemompa darah, sedang manusia hanya memiliki 4. Jika sebuah bilik jantung manusia tidak mampu memompa maka dia akan mendapatkan serangan jantung yang sangat fatal, tapi dengan jantung yang memiliki 13 bilik ini, jantung akan tetap mampu memompa meskipun 1 bilik mengalami kerusakan. Jantung kecoak yang memiliki 13 bilik membuatnya mampu untuk tetap bertahan meskipun salah satunya mengalami kegagalan, tapi hal itu tidak bisa terjadi pada manusia. Model yang mereka buat berbasis pada sistem kerja jantung kecoak, dimana mereka membuat mekanisme tekanan menjadi lebih terperinci. Jadi meskipun salah satu bilik gagal, orang yang menggunakan jantung ini masih bisa hidup. Jantung buatan ini tidak menekan komponen lain (elemen pemompa) dan menggunakan tekanan yang rendah pada sel darah, ini kata Professor Sujoy Guha sang pemimpin tim penelitian. 10 orang anggota tim penelitian di Indian Institute of Technology (ITT) yang berada di barat Bengal ini menghabiskan hampir 3 tahun waktunya untuk mengembangkan jantung buatan ini dengan menggunakan bahan metal dan plastik. Jantung buatan ini merupakan terobosan baru dan lebih maju dibandingkan dengan jantung buatan yang sekarang ada di pasaran, dimana pemompaan darah masih tergantung pada sebuah bilik. Ini adalah sebuah kemajuan tetapi merupakan satu hal yang rumit. Akan membutuhkan 3 tahun lagi untuk memasarkan produk ini. Saat ini produk ini sedang diujicobakan ke binatang, memerlukan beberapa tahun untuk dicobakan ke manusia, kata Professor Sujoy Guha lagi. Diperkirakan harga jantung buatan ini bakal berkisar 100.000 rupee yang ampir sama dengan $2000. Ini 30 kali lebih murah loh dari jantung buatan yang ada dipasaran saat ini.”
# Sebagai bahan konsumsi mengingat kandungan protein yang tinggi

Spoiler for Konsumsi:

Spoiler for Kecoa untuk dikonsumsi:

Spoiler for Kecoa untuk dikonsumsi:


0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online