RECENT POST

Wednesday, May 25, 2011


Cryptozoology merupakan penyelidikan /penelitian terhadap makhluk hidup yang belum dikenal sains. Beberapa diantaranya merupakan makhluk-makhluk yang telah menjadi legenda disuatu wilayah, ataupun “monster” misterius yang kerap dilaporkan terlihat oleh manusia namun eksistensi sebenarnya masih merupakan tanda tanya besar.

Berikut merupakan daftar 10 makhluk Cryptozoology yang paling menarik perhatian…

Spoiler for Mongolian Death Worm:

Monster Gurun Gobi yang sudah terlalu lama menjadi buruan para Cryptozoologystini mungkin sejenis cacing tanah namun dengan bentuk dan ukuran tubuh yang tak lazim. Menurut beberapa orang yang pernah melihatnya secara langsung, ia memiliki panjang tubuh sekitar 1 – 1.5 meter dengan bentuk fisik menyerupai usus besar manusia dan berwarna merah darah.

Sesuai dengan namanya, Mongolian Death Worm dikatakan merupakan spesimen yang mematikan. Ia dapat menyemburkan racun dan konon memiliki sengatan listrik yang dapat dengan mudah merobohkan mangsa ataupun siapa saja yang mencoba mengusiknya.

Spoiler for Orang Pendek:

Orang Pendek dideskripsikan sebagai makhluk serupa kera, Bipedal, dan memiliki tinggi tubuh tak lebih dari 1,5 meter.

Masuk 10 makhluk Cryptozoology bukan lantaran mereka dikabarkan berdiam disalah satu wilayah Indonesia yakni Taman Nasional Kerinci Seblat, namun lebih kepada anggapan beberapa Cryptozoologyst yang mengatakan ia merupakan bagian dari “missing link” dengan kita manusia modern. Banyak yang berspekulasi bahwa Orang Pendek merupakan manusia purba dari spesies Homo Floresiensis -salah satu spesies baru dari genus Homo yang sering disebut “Hobbit” dan kerangkanya ditemukan pada tahun 2003 lalu diwilayah Flores, NTT- yang masih dapat bertahan hidup hingga sekarang.

Spoiler for Mothman:

Apa yang ada dibenak sebagian warga Amerika Serikat seandainya kita bertanya mengenai makhluk misterius yang sering disebut Mothman? Pastilah mereka mengimajinasikannya sebagai makhluk dengan perawakan seperti manusia, bertubuh gelap, bermata bulat dan berwarna merah menyala serta memiliki sayap menyerupai sayap kelelawar. Mothman, makhluk misterius yang telah melegenda diseantero Amerika Serikat ini pertama kali dilaporkan terlihat di West Virginia, 15 November 1966. Ketika itu dua pasangan suami istri, David dan Linda Scarberryserta Steve dan Mary Mallette, yang sedang berkendara melintasi bekas pabrik TNT pada masa perang dunia ke-II merasa tertarik dengan adanya sepasang cahaya bulat merah menyala sedang memandang kearah kendaraan mereka.

Spoiler for Thunderbird:

Nama yang keren untuk makhluk Cryptozoology. Makhluk yang dideskripsikan sebagai makhluk terbang dengan ukuran tubuh yang besar. Laporan pertama mengenai Thunderbird datang dari kisah dua orang Cowboy yang mengklaim telah membunuh seekor burung raksasa diwilayah Arizona, April 1890. Menurut mereka, bentuk makhluk tersebut sangatlah aneh karena sama sekali tidak memiliki bentuk tubuh seperti burung pada umumnya. Ia terlalu besar untuk disebut sebagai seekor burung, sayapnya dikatakan mirip sayap kelelawar dengan bentuk wajah menyerupai buaya.

Spoiler for Kraken:

Kraken merupakan monster laut berukuran raksasa yang begitu melegenda. Dimasa silam, Ia begitu ditakuti oleh para penjelajah samudera karena banyak cerita rakyat yang berkembang pada masa itu menyebutkan bahwa Kraken merupakan monster laut yang dapat dengan mudah menghancurkan kapal-kapal mereka. Maka tidak heran, makhluk yang dikabarkan sebagai penghuni dasar laut perairan Norwegia dan Islandia ini sering digambarkan dalam peta-peta kuno sebagai perwujudan monster laut yang mematikan dan sebisa mungkin dihindari sewaktu berlayar.

Spoiler for Mokele-mbembe:

Jauh dipedalaman Afrika, tersebutlah sosok makhluk raksasa yang telah sekian lama menjadi legenda masyarkat setempat. Ia mendiami suatu tempat yang menjadi salah satu urat nadi kehidupan bagi sebagian penduduk Afrika, Sungai Congo. Ya, disungai terpanjang kedua di Afrika setelah Sungai Nil inilah makhluk yang bernamaMokele-mbembe sering dikabarkan terlihat. Kata “Mokele-mbembe” berasal dari bahasa Lingala yang memiliki arti Sesuatu yang menghentikan aliran sungai. Menurut cerita turun temurun penduduk asli lembah sungai Kongo, Mokele-mbembemerupakan sosok monster sungai yang ditakuti karena ia berukuran sangat besar dan berbahaya.

Spoiler For champ

Dari pedalaman Afrika, Ane mengajak Agan-Agan menyeberangi samudera Atlantik untuk berkunjung kembali ke Amerika Utara. Tujuan kita kali ini ialah kesebuah danau diperbatasan Amerika Serikat – Kanada yang juga memiliki kisah akan monster danau yang legendaris, Danau Champlain namanya. Di Danau sepanjang 201 km inilah konon berdiam seekor monster danau yang sering disebut sebagaiChamp. Ditahun 1977, seorang wisatawan bernama Sandra Mansi mendadak terkenal karena keberhasilannya mengabadikan sosok monster legendaris yang telah dilaporkan keberadaannya sejak abad ke-19 itu. Dari hasil analisa yang dilakukan oleh beberapa pakar fotografi terhadap gambar yang diambil Sandra, terungkap bahwa foto tersebut bukanlah rekayasa. Gambar itu benar-benar mengabadikan seekor makhluk raksasa yang sedang mucul ke permukaan danau.

Spoiler for Bigfoot/Sasquatch:

Bigfoot digambarkan sebagai makhluk bipedal (berjalan dengan dua kaki), berperawakan tinggi besar (tinggi diperkirakan 1.5 – 3 meter) dengan bulu lebat yang tumbuh disekujur tubuhnya. Ia dikatakan hampir menyerupai seekor gorila namun berjalan tegak layaknya manusia modern. Makhluk yang dikabarkan menghuni hutan-hutan diwilayah Pacific Northwest, Amerika Utara ini begitu terkenal, tidak hanya diwilayah Amerika Serikat namun diseluruh dunia. Bahkan dibeberapa wilayah lainnya, terdapat legenda mengenai makhluk semacam Bigfoot. Sebut saja Yeti di Tibet, Hibagon di Jepang, hingga Yowie di wilayah Australia.

Spoiler for Chupacabra:

Diposisi kedua Ane menaruh nama Chupacabra. Makhluk misterius yang berasal dari dua kata dalam bahasa Spanyol yakni “Chupar” yang berarti hisap/menghisap dan “Cabra” yang berarti kambing ini merupakan perwujudan dari seekor makhluk yang begitu menyeramkan. Selain karena bentuk fisiknya yang dideskripsikan menyerupai serigala dengan semacam “duri” yang tumbuh berjejer disepanjang tulang punggungnya, Chupacabra adalah makhluk penghisap darah, terutama darah hewan ternak seperti kambing. Ia sering dilaporkan membunuh beberapa hewan ternak pada malam hari, kemudian menghisap darahnya tanpa memakan sedikitpun daging korbannya.

Chupacabra begitu terkenal diwilayah Amerika Tengah dan Utara, serta beberapa wilayah Amerika Latin. Di tahun 1995, seekor Chupacabra dikabarkan telah membunuh delapan ekor kambing dalam waktu semalam di suatu wilayah di Puerto Rico. Inilah laporan awal mengenai serangan chupacabra yang berhasil didokumentasikan.
Kebanyakan orang mendeskripsikan Chupacabra sebagai makhluk dengan tinggi antara 1 – 1.2 meter, bukan mamalia namun sejenis reptil dengan gaya berdiri dan melompat seperti kanguru. Banyak anggapan yang mengatakan kemungkinan ia hanyalah sejenis anjing liar. Pendapat yang cukup berani mengatakan bahwa Chupacabra merupakan makhluk hasil rekayasa genetika dari suatu lembaga penelitian Amerika Serikat yang kabur dari laboratorium karantina diskitar wilayah El Yungue, Puerto Rico yang porak poranda akibat terjangan angin topan ditahun1990′an.

THE LAST ONE IS…
Spoiler for Loch Ness Monster:

Monster Loch Ness atau yang akrab disapa Nessie. Nessie, monster penghuni danau Loch Ness, Skotlandia memang begitu melegenda diseantero dunia. Bahkan keberadaannya telah dilaporkan sejak abad ke-7. Puluhan ekspedisi telah dilakukan, serta ratusan sonar pernah diarahkan kedanau Loch Ness untuk mendeteksi keberadaan Nessie, namun semuanya seperti sia-sia. Nessie terlalu pemalu. Ia mungkin hanya berani menampakkan dirinya disaat-saat tertentu saja.

Beberapa laporan serta bukti-bukti berupa foto yang berhasil dikumpulkan dari beberapa saksi mata memperlihatkan bahwa monster penunggu Danau Loch Nessmemiliki ciri-ciri yang tak jauh berbeda dengan Mokele-mbembe. Ia juga bertubuh besar dan berleher panjang dengan ukuran kepala yang kecil. Namun berbeda dengan Mokele-mbembe yang dideskripsikan sebagai Dinosaurus Sauropoda,Nessie lebih sering dimasukkan kedalam kerabat Plesiosaur.

Salah satu foto kontroversial yang berhasil mengabadikan sosok Nessie ialah foto yang sering disebut sebagai Surgeon’s Photograph. Didalam foto yang diambil pada tahun 1934 ini terlihat siluet seekor makhluk berleher panjang yang sedang menyusuri danau Loch Ness diwaktu senja hari. Namun pada kelanjutannya, foto tersebut terbukti merupakan hasil rekayasa.

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online