RECENT POST

Friday, January 28, 2011

Soto Kudus Ala Pendopo

KOMPAS.com - Pendopo 21 adalah restoran yang terletak di bilangan Kelapa Hybrida, daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tempatnya berkonsep minimalis dan bernuansa Jawa yang sangat kental, unsur kayu sangat mendominasi interiornya.© haxims.blogspot.com

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihck-QyB8ae_BXTW4JnoWKvZd5ZcMQuRcc2fEJGO-nveO8I5ckbiOXamHCHG_oCmTWylFwNoQ158VHb0FpRGzxjEB3-3aig3kwLT6ult0IhRUQxedvNzBb7I2RNsHvhJASgmdBOZRu8-Fj/s320/soto+kudus+1.jpg

Makanan yang ditawarkan oleh Pendopo 21 adalah makanan khas Jawa Tengah, khususnya dari kota Kudus dan Semarang. Diantaranya adalah Soto Ayam Kudus, Nasi Pindang Ayam, Nasi Liwet Semarang, Ayam Goreng Kalasan, dan aneka sate, seperti sate telur puyuh, sate ati ayam, sate ampela, dan lain-lain. Menu Ayam Penyet dan Iga Penyet juga ada disini.

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/01/27/1441542620X310.jpg

Nasi Pindang

Pendopo 21 juga menawarkan berbagai minuman, mulai dari fresh juice, wedang jahe, teh poci... sampai es jahe kelapa juga ada. Salah satu yang sangat digemari disini adalah Es Jelly Pendopo, Es Jahe Kelapa, dan Es Durian Kopyor.

Kali ini saya dan teman-teman pesan soto ayam kudus, nasi pindang campur, nasi pindang pisah, nasi liwet semarang, dan ayam penyet Pendopo 21. Kami juga pesan sate kerang, sate ati ayam dan untuk esnya kami pesan andalan es di sini yaitu es jahe kelapa. Saya coba kuah pindangnya dulu ya, hmmm...nyam sedap banget kuahnya, apalagi dicampur dengan sambal bikin rasanya semakin lezat. Kalian harus cobain sendiri.

Mau pesan nasi pindang campur juga bisa. Nah Nasi Liwetnya juga tak kalah lezatnya, dengan suwiran ayam, dan sayur labunya, hmmm yummy plus telur pindang, dan tahu opor. Mantap! Orang di meja sebelah saya sampai nambah satu porsi lagi..hehe...

Rasa soto ayam kudusnya .... he-he so pasti enak! Tidak heran ini menjadi salah satu favorit disini. Suwiran daging ayamnya juga menggunakan ayam kampung, plus tauge, kucai, dan tidak boleh ketinggalan adalah taburan bawang putihnya, membuat kuahnya semakin harum.

Sekarang giliran mencicipi ayam penyetnya dengan sambalnya yang pedas itu. Lebih nikmat lagi kalau makan ayam penyetnya masih panas. O iya, sate kerangnya juga enak. Menurut waiters-nya, sate ayam usus basahnya juga menjadi favorit disini. Akhirnya kami pesan es jelly pendopo... Lucu lho, bentuk jellynya bermacam-macam. Ada yang berbentuk telur puyuh, mata ikan, bunga, dan lain-lain. Rasanya enak dan menyegarkan.


RESEP SOTO AYAM KUDUS


Bahan :
1 ekor ayam direbus sampai matang
6 lembar daun jeruk purut
1 buah kunyit bakar lalu memarkan
1 jahe memarkan
2 batang serai memarkan
8 butir telur ayam direbus, dikupas lalu dibelah dua
4 mangkok tauge seduh dengan air panas
5 batang daun bawang merah diiris kecil
3 batang seledri diiris
1/2 mangkok bawang goreng
4 sendok makan minyak/ mentega

Bumbu :
13 buah bawang merah
10 siung bawang putih
1 sendok ketumbar
7 butir kemiri
1 sendok teh jintan
5 lembar daun jeruk purut
garam, merica bubuk dan vetsin secukupnya.

Cara Memasak :
- Haluskan bumbu lalu tumis sampai harum, masukan ayam yang sudah direbus
lalu beri 6 gelas air kaldu,
- Masukan jahe, kunyit, serai, garam, merica, daun jeruk purut dan vetsin
jika suka.
- Rebus sampai mendidih lalu angkat, lalu ayam dipotong kecil kecil

Cara Menyajikan untuk satu mangkok
masukan ke dalam mangkok; tauge, daun bawang, seledri, ayam dan telor lalu
beri kuah dan bawang goreng.
Sajikan dengan nasi putih, sambal, jeruk nipis dan emping goreng.

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online